Tanya Jawab Ketahanan Nasional (1)

Suprapto EstedeOleh: Suprapto Estede

1.    Jelaskan pengertian Ketahanan Nasional!

Jawab:
Ketahanan nasional adalah suatu kondisi dinamis suatu bangsa yang terdiri atas ketangguhan serta keuletan dan kemampuan untuk mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi segala macam dan bentuk ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan baik yang datang dari dalam maupun dari luar, yang secara langsung maupun tidak langsung mengancam dan membahayakan integritas, identitas, kelangsungan hidup bangsa dan negara serta perjuangan dalam mewujudkan tujuan nasional.

Konsepsi ketahanan nasional Indonesia adalah konsepsi pengembangan kekuatan nasional melalui pengaturan dan penyelenggaraan kesejahteraan dan keamanan yang seimbang serasi dalam seluruh aspek kehidupan bangsa secara utuh dan menyeluruh berlandaskan Pancasila, UUD 45, dan Wawasan nusantara.

2.    Sebut dan jelaskan asas-asas ketahanan nasional Indonesia!

Jawab:
Asas ketahanan nasional adalah tata laku yang didasari nilai yang tersusun berlandaskan Pancasila, UUD 1945 dan Wawasan Nusantara. Asas-asas tersebut adalah (menurut Lemhannas, 2000: 9-11):

1) Asas kesejahteraan dan keamanan
Asas ini merupakan kebutuhan yang sangat mendasar dan wajib dipenuhi bagi individu maupun masyarakat atau kelompok. Didalam kehidupan nasional berbangsa dan bernegara, unsur kesejahteraan dan keamanan ini biasanya menjadi tolok ukur bagi mantap/tidaknya ketahanan nasional.

2) Asas komprehensif/menyeluruh terpadu
Artinya, ketahanan nasional mencakup seluruh aspek kehidupan. Aspek-aspek tersebut saling berkaitan dalam bentuk persatuan dan perpaduan secara selaras, serasi, dan seimbang.

3) Asas kekeluargaan
Asas ini meliputi sikap keadilan, kebersamaan, kesamaan, gotong royong, tenggang rasa dan tanggung jawab dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dalam hidup berbangsa dengan asas kekeluargaan ini diakui adanya perbedaan, dan kenyataan ini dikembangkan secara serasi dalam kehidupan kemitraan dan dijaga dari konflik yang bersifat merusak/destruktif.

3.    Berdasarkan pengertian konsepsi ketahanan nasional, seluruh aspek kehidupan nasional dapat diperinci ke dalam Astagatra (Delapan aspek), yaitu Trigatra (Tiga aspek alamiah) dan Pancagatra (Lima aspek sosial). Sebut dan jelaskan Trigatra yang dimaksud!

Jawab:
Aspek Trigatra (tiga aspek alamiah) adalah aspek-aspek suatu negara yang sudah melekat pada negara itu. Oleh karena itu unsur-unsurnya tidak sama pada tiap negara. Trigatra meliputi Geografi, Kekayaan alam, dan Kependudukan.

1)  Geografi
Geografi suatu negara adalah segala sesuatu pada permukaan bumi yang dapat dibedakan antara hasil proses alam dan hasil ulah manusia, dan memberikan gambaran tentang karakteristik wilayah kedalam maupun keluar.
Menurut letak geografinya, bentuk negara dapat dibagi dalam negara yang berada di daratan, di lautan, atau keduanya. NKRI adalah negara kepulauan (archipelagis state) adalah suatu negara yang dikelilingi lautan dan bersifat kepulauan (archipelago).

2)  Kekayaan alam
Kekayaan alam adalah segala sumber dan potensi alam yang terdapat di bumi, di laut, dan di udara, baik  fauna, flora maupun tambang, yang dapat diperbaharui maupun tidak, didalam wilayah suatu negara.
Sifat khusus kekayaan alam di bumi ini distribusinya tidak merata dan tidak teratur, sehingga ada negara yang kaya dan ada yang miskin. Perbedaan akan kekayaan alam ini menyebabkan adanya ketergantungan antara negara yang satu dengan negara lainnya yang dapat menimbulkan problema hubungan internasional yang kompleks.
Pemanfaatan kekayaan alam yang tidak produktif akan mengundang campur tangan negara lain terutama dari negara industri yang membutuhkan bahan baku bagi industrinya. Oleh karena itu perlu dibina kesadaran nasional untuk memanfaatkan kekayaan alam sebaik-baiknya, sehingga tercapai nilai guna yang maksimal bagi kesejahteraan dan keamanan nasional.

3)  Kependudukan
Penduduk adalah manusia yang mendiami suatu wilayah negara. Manusia yang tinggal di suatu negara akan menentukan apa yang akan dilakukan untuk meningkatkan ketahanan nasional, dalam arti manusialah yang akan mengusahakan penyelenggaraan kesejahteraan dan keamanan suatu negara.
Masalah yang berkaitan dengan kependudukan adalah: jumlah penduduk, komposisi penduduk dan penyebaran penduduk.

4.    Sebut dan jelaskan pula secara singkat Pancagatra dalam konsepsi ketahanan nasional!

Jawab:
Panca Gatra meliputi Gatra Ideologi, Gatra Politik, Gatra Ekonomi, Gatra Sosial Budaya, dan Gatra Pertahanan Keamanan.
1)    Gatra Ideologi
Ideologi adalah serangkaian nilai yang tersusun secara sistematis dan merupakan kebulatan ajaran atau doktrin yang dijadikan dasar serta memberi arah dan tujuan yang ingin dicapai di dalam kelangsungan hidup bangsa dan negara.
Ketahanan ideologi adalah kondisi dinamik suatu bangsa yang berisi keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional di dalam menghadapi dan mengatasi ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan baik yang datang dari luar maupun dari dalam yang langsung atau tidak langsung membahayakan kelangsungan hidup ideologi suatu bangsa.

2)    Gatra Politik
Politik diartikan sebagai asas, haluan dan kebijaksanaan yang digunakan untuk mencapai tujuan kekuasaan, dan oleh karena itu masalah politik selalu dihubungkan dengan masalah kekuasaan dalam suatu negara yang berada di tangan pemerintah. Pemerintah akan menentukan system politik yang tepat untuk dilaksanakan dalam rangka mencapai tujuan nasional.

3)    Gatra Ekonomi
Kegiatan ekonomi adalah keseluruhan kegiatan pemerintah dan masyrakat di dalam pengelolaan faktor produksi (sumber daya alam, tenaga kerja, modal, teknologi dan manajemen) dan distribusi barang dan jasa hasil produksi demi kesejahteraan rakyat, baik fisik maupun mental spiritual.
Upaya meningkatkan ketahanan ekonomi adalah upaya meningkatkan kapasitas produksi (barang dan jasa) serta meningkatkan kelancaran distribusi (barang dan jasa) secara merata ke seluruh wilayah negara.

4)    Gatra Sosial Budaya
Istilah sosial budaya menunjukkan dua segi kehidupan bersama dari manusia, yaitu segi kemasyaralatan dan segi kebudayaan.
Faktor-faktor yang mempengaruhi ketahanan di bidang social budaya adalah tradisi, pendidikan, kepemimpinan nasional, tujuan nasional, dan kepribadian nasional.

5)    Gatra Pertahanan Keamanan
Pertahanan keamanan (Hankam) adalah upaya rakyat semesta dengan angkatan bersenjata TNI/POLRI sebagai intinya mempertahankan dan mengamankan bangsa dan Negara serta hasil perjuangannya. Pertahanan keamanan adalah merupakan salah satu fungsi pemerintahan dalam menegakkan ketahanan nasional dengan tujuan untuk mencapai keamanan bangsa dan Negara serta hasil perjuangannya.
Upaya meningkatkan ketahanan nasional di bidang Hankam adalah peningkatan partisipasi seluruh rakyat dan seluruh kekuatan nasional sesuai fungsi dan profesinya dalam upaya bela negara.

5.    Jelaskan, apakah yang dimaksud dengan ketahanan nasional di bidang ekonomi?

Jawab:
Ketahanan Nasional dalam bidang Ekonomi tercermin dalam berbagai kondisi kehidupan perekonomian bangsa, yaitu bahwa bangsa tersebut dapat memelihara kemandirian ekonomi nasionalnya.

Bagi ketahanan nasional, aspek ekonomi juga merupakan hal yang sangat penting karena dengan ekonomi yang stabil akan perpengaruh positif terhadap ketahanan nasional suatu Negara. Perekonomian merupakan salah satu aspek kehidupan nasional yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan bagi masyarakat, meliputi produksi, distribusi, serta konsumsi barang dan jasa. Usaha-usaha untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat secara individu maupun kelompok serta cara-cara yang dilakukan dalam kehidupan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan. Oleh karena itulah aspek ekonomi sangat berpengaruh karena terlibat langsung dengan masyarakat.

Sebagai contoh adalah ketahanan nasional dalam bidang pangan. Dengan ekonomi yang baik tentu saja suatu negara tidak akan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pangan warga negaranya. Kelaparan tidak akan terjadi dan kemiskinan perlahan dapat berkurang. Selain itu suatu negara akan sangat mudah menerapkan suatu teknologi baru terhadap sistem pertanian mereka jika negara tersebut sehat perekonomiannya.

Suprapto Estede, Bojonegoro

Leave a comment